Connect with us

4 Hal Perlu Dilakukan Saat Jual Beli Properti Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Seputar Properti

4 Hal Perlu Dilakukan Saat Jual Beli Properti Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

photo 1557275134 5a789e9607be 1

Properti memang bisa jadi barang investasi yang sangat menguntungkan. Tak sedikit orang membeli properti untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan pundi-pundi penghasilan berkali-kali lipat yang jumlahnya sangat besar.

Namun begitu, Anda juga harus tau masih ada saja ketika proses jual beli ternyata hasilnya di luar harapan, yaitu antara rugi karena di luar ekspektasi atau untungnya sangat tipis tidak seperti yang dipikirkan.

Nah karena itu, ini ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal ketika hendak melakukan proses jual atau beli properti. Berikut ulasannya:

1. Mengetahui usia bangunan rumah
Jika Anda ingin membeli rumah, pastikan usia bangunan yang kurang dari sepuluh tahun umumnya tidak memerlukan banyak renovasi. Namun, apabila suatu bangunan memasuki usia sepuluh hingga dua puluh tahun, kekuatan dan kekokohan nya perlu lebih diperhatikan.

Sedangkan jika sudah lebih dari dua puluh tahun, sebuah rumah perlu direnovasi untuk mengganti beberapa bagian seperti fasad rumah, desain pintu dan jendela, pagar, pergola, taman atau membangun ruang-ruang baru secara vertikal maupun horizontal.

2. Mencermati lingkungan di sekitar
Lingkungan sekitar sangat lah penting diperhatikan agar pemilik merasa nyaman dan aman. Akses jalan juga menjadi pertimbangan yang penting terutama sudah banyak fasilitas yang tersedia.

3. Kelengkapan legalitas
Ketika membeli properti baik itu rumah ataupun kavling, cermati pula Sertifikat Hak Milik (SHM), surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan dokumen lainnya.

Pastikan surat dan sertifikat yang akan dibeli lengkap dan jelas karena menyangkut hukum kepemilikan. Hal ini dapat menghindari munculnya perselisihan di kemudian hari.

4. Mengecek harga pasaran
Cek harga pasaran di tempai lain sebagai pertimbangan sebelum membeli properti. Hal ini akan sangat berguna saat melakukan negosiasi harga dengan penjual.

Ada baiknya kamu mencari tahu harga pasaran rumah yang diinginkan di raudhoh sebagai pertimbangan referensi, apa lagi di raudhoh ada kavling dengan dengan view yang bagus. (OLX)

Comments

comments

Artikel lain di Seputar Properti

To Top