Connect with us

Ini Dia Cara Memilih Properti Yang Tepat Untuk Investasi

Seputar Properti

Ini Dia Cara Memilih Properti Yang Tepat Untuk Investasi

maria ziegler jJnZg7vBfMs unsplash scaled

Investasi properti merupakan salah satu jenis Investasi terbaik tahun ini, bahkan mampu memberikan keuntungan berlipat di masa depan. Namun tahukan Anda bahwa tidak semua properti yang memberi keuntungan yang maksimal? Anda harus jeli dan cermat dalam memilih rumah atau properti yang tepat untuk investasi. Apalagi jika investasi properti syariah, karena begitu maraknya pemberitaan negatif tentang properti syariah akhir-akhir ini.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin investasi properti syariah, Ini ada tips bagi Anda yang sedang mencari investasi atau tempat tinggal berbasis syariah, harus perhatikan hal hal berikut ini :

  1. Pastikan Legalitas Lahannya? Apakah lahan tersebut sudah milik developer.
  2. Lihat Ijinnya. Pastikan ada ijin perumahan tersebut, salah satunya pastikan ada IMB nya.
  3. Datangi Perumahannya, ini untuk memastikan ada atau tidaknya lahan tersebut, sekaligus melihat kualitas bangunan perumahannya.
  4. Periksa harganya, apakah harga yg ditawarkan logis. Jangan tergiur dengan perumahan murah walau judulnya perumahan syariah. Caranya gampang, tanya tukang setempat berapa biaya membangun satu unit rumah permeternya, tinggal dikalikan berapa ukuran rumah yang akan Anda beli, bila harga yg ditawarkan dibawah hasil perkalian tadi, perlu dipertanyakan.
  5. Tak ada salahnya Anda tanya, asosiasi atau afiliasi Developernya bahkan Anda tanya siapa Developer nya dan tanya tetangganya apa dan bagaimana kepribadian pemiliknya.
  6. Tanya akad jual beli yang digunakan, kalau perlu minta contoh akad jual-beli nya, pelajari, lihat apakah sesuai syariat dan adil?
  7. Pelajari Ilmu muamalah Jual Beli dalam Islam. Apa dan bagaimana tentang Riba dan konsekwensinya, bagaimana Denda dalam Islam, bagaimana Sita Paksa barang yang sudah kita beli dalam Islam, bagaimana syariat mengatur akad jual beli yg tidak bathil, bagaimana Syariat menghukumi Asuransi.

Nah itu dia tips memilih rumah atau properti syariah yang tepat, sebaiknya lakukanlah tabayyun, kroscek atau carilah kejelasan terhadap berita-berita media, jangan terima mentah-mentah begitu saja. Apalagi media yang ada saat ini cuma cari tenar dan sensasi. Anda dapat memilih rumah atau properti yang aman disini.

Comments

comments

Artikel lain di Seputar Properti

To Top