Connect with us

Rugi Saat Puasa? Kok Bisa?

Tips & Trik

Rugi Saat Puasa? Kok Bisa?

mert kahveci Rfnljr9AlDk unsplash scaled

Hal yang mengurangi puasa harus kamu ketahui sebagai umat Islam. Tentunya bila kamu belum mengetahuinya, maka ibadah puasa yang kamu jalankan tidak akan pernah mendapatkan pahala dan manfaat yang maksimal.

Bila kamu belum mengetahui hal apa saja yang membuat kita merugi saat menajalankan ibadah puasa rasanya kamu masih belum serius dalam menjalankan salah satu rukun Islam ini. Padahal di bulan Ramadan ini, begitu banyak pahala yang bisa kamu dapatkan, khususnya dari menjalankan ibadah puasa.

photo 1554188579 437a8511536c

Berikut ini hal apa saja yang membuat kita merugi saat menajalankan ibadah puasa?

  1. Kebanyakan Main Sosmed dan Game
    Memang benar bermain sosmed dan game hukumnya mubah, ketika dilakukan tidak mendapat pahala maupun dosa, namun alangkah baiknya kalau di bulan suci ini kita melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti membaca qur’an, berdzikir, shodaqoh, dan amalan-amalan positif lainnya.
  2. Kebanyakan Tidur
    Ternyata tidur kita saat bulan puasa bukanlah ibadah lho, karena hukum asalnya tidur adalah mubah, sedangkan mubah ketika diamalkan tidak mendapat pahala maupun dosa. Namun bukan berarti di bulan puasa kita ngga boleh tidur ya, hanya tidurlah secukupnya, jangan berlebihan maupun kekurangan.
  3. Dengerin Musik Melulu
    Hukum asal musik adalah mubah, namun akan jadi makruh ketika membuat kita lalai, bahkan bisa menjadi harap ketika membuat kita meninggalkan dan melupakan ibadah. Jadi di bulan suci alangkah baiknya kalau musi yang biasa kita dengar sehari-hari kita menjadi murottal.
  4. Emosian & Ngeluh Terus
    Keluh kesah merupakan hal umum yang biasa tiap manusia lakukan. Namun, keseringan mengeluh juga akan berakibat buruk baik secara fisik maupun psikis.

    Dibulan yang suci ini kita berpuasa menjaga nafsu, bukan hanya menahan lapar dan haus, namu juga menahan ego kita. Allah jadikan bulan ini sebagai saran kita untuk berlatih bersabar atas segala ujian dan cobaan yang dilimpahkan pada kita, dan juga mensyukuri segala nikmat yang telah kita dapatkan selama ini.
  5. Ngebucin & Pacaran Online
    Chatting antara laki dan perempuan yang bukan muhrim via sosmed adalah salah satu pintu fitnah dan kemaksiatan. Karena akibatnya akan menggiring pembicaraan yang mengarah kepada sikap saling menyenangi, lalu menimbulkan fitnah. Oleh karena itu seharusnya kita menghindari hal itu dengan niat menggapai ridha Allah dan menjaga diri dari siksa-Nya
  6. Gibah & Gosip
    Mengobrol dengan teman, saudara, dan keluarga adalah hal yang menyenangkan, namun seringkali tanpa kita sadari, arah pembicaraan kita menjadi melenceng kesana kemari, hingga berujung pada gosip dan membicarakan keburukan orang lain.

    Sedangkan ghibah (gosip) adalah salah satu perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT, karena bagi kita orang beriman gosip sama saja dengan memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka dari itu, di bulan Ramadhan ini dari pada membicaran orang lain, lebih baik kita basahi lidah kita ini dengan memperbanyak dzikir dan membaca Qur’an
  7. Kebanyakan Nonton Film
    Nonton film memang seru, baik itu k drama, variety, mv, anime, holywood, bolywood, maupun sinetron, semuanya menghibur. Namun kebanyakan nonton film di bulan Ramdhan akan menjadi perbuatan yang merugi, selain menghabiskan waktu berharga kita, akan banyak amalan sunnah lainnya yang jadi tidak sempat kita lakukan karena waktunya habis dipakai nonton film


Comments

comments

Artikel lain di Tips & Trik

To Top